[Travel] Bandung

HI! It’s good to see be with you again readers! Because I’m on my holiidaay, I’ll spare my time to make a new post for this month! Well, This March is a month that brought me intoo happiness, even this month gave me some rain and a cloudy weather almost everyday.. But that’s okaay, now I got some story to share with you.

Bandung, well-known as “Creative City”

trash my english and..

Siapa sih yg gak tau Bandung, kota yang terkenal dengan julukan kota kreatif itu lho, pasti kamu tau kan yakan yakan… Nah beruntungnya kota ini baru saja dikunjungi oleh kumpulan orang-orang hebat 15-16 Maret silam.. Bandung yang diapit dengan beberapa pegunungan ini menjadikan udara dan suasananya terasa sejuk, dengan semilir angin yang melewati badan, membuat gue ingin rasanya menarik dan menghebuskan nafas setiap 1 detik sekali, kalo nafasnya lewat mulut bisa keluar asepnya gitu, kayak di musim dingin. #norak (Cuma di beberapa tempat tertentu sih).

Sayangnya gue belom bisa menunjukkan bukti yang banyak kalo Bandung ini kota yang kreatif gitu. Karena jalan-jalan gue kali ini gak sendiri, gue kesini bareng 35 orang awesome! Gimana, oke bgt gak tuh?  – tp emg knp kalo bersama orang awesome? Apa hubungannya sama jadi gak bisa memberikan bukti kalo Bandung kota kreatif… – Iya juga sih ya, hmmm karena travel kita ke Bandung kali ini tuh udah terjadwal dengan rapih, susunan acaranya udah diatur kayak travel gitu, bisa-bisa nanti gue ditinggal buat balik ke Jakarta..

Ok, biar jelas aja nih kalo gue dan 35 orang awesome ini adalah anggota dari Ekskul Fotografi SMA 47. Pamer dikit laa yakan.. Kita sama-sama sepakat buat mengunjungi kota kreatif ini buat ngambil momen-momen yang ada di dalam Bandung itu sendiri, keren kan? Nah pasti kepo kan, yaudah langsung aja diliat nih ya apa aja yg gue lakukan bersama orang-orang awesome tadi di Bandung. CIO!

Tempat pertama dari Bandung yang kita kunjungi adalaahh…. POM Bensin dan R.M. Padang. HAHAHA ZONK “Selasar Sunaryo Art Space” WIIIHHH gela udh kreatif bgt belom tuh.. Nihi gini penampakannya

Kayak rumah gitu ya keliatannya, emg nyaman juga sih misalnya buat rumah juga.. Tapi didalemnya beeuh...
Kayak rumah gitu ya keliatannya, emg nyaman juga sih misalnya buat rumah juga.. Tapi didalemnya beeuh…

Yaa, buat yang belom tau Bp. Sunaryo itu siapa, dia adalah seniman yang bukan berasal dari Bandung, tapi dia SUPER KREATIF. Dia dosen di ITB gitu, dan karya-karya yang dipanjang disini umumnya merupakan kritisi, dan catatan perjalanan selama hidupnya. Memang, saat pertama kali melihat karya pak Sunaryo, orang pasti berpikir dulu 2-5 kali untuk mengetahui pesan dibalik karyanya. Tapi setelah kita mengetahui apa yang ingin pak Sunaryo sampaikan kepada kita, kita pasti langsung mengerti kalo dia itu adalah orang hebat dan amazing. Saking amazingnya pak Sunaryo beserta karya-karyanya, kita gaboleh mengambil sesuatu apapun dari dalamnya.. termasuk foto. Art Space ini emang dirancang sedemikian itu supaya orang yang mengunjunginya juga merasa nyaman dan tidak bosan, kalau bosan? Bisa mampir ke Selasar cafe.. Dan disini bukan hanya menampilkan hasil karya pak Sunaryo saja, tapi disini juga terdapat Amphitheater untuk diisi berbagai performing arts dari masyarakat bandung setiap bulannya. KEREN BANGET KAAANN

Kolamnya ditumbuhi bunga teratai juga lho, berarti kolamnya bersih. :D
Kolamnya ditumbuhi bunga teratai juga lho, berarti kolamnya bersih. 😀
Selasar Cafe. Nyaman bangetkan? liat aja komuknya hepi gitu
Selasar Cafe. Nyaman bangetkan? liat aja komuknya hepi gitu
Salah satu contoh patung karya pak Sunaryo, kalo karya besar lainnya seperti patung Sudirman, Soekarno-Hatta, dll. sih udah gak disini.
Salah satu contoh patung karya pak Sunaryo, kalo karya besar lainnya seperti patung Sudirman, Soekarno-Hatta, dll. sih udah gak disini.

Semua kota pasti kan punya sejarah, mulai dari jaman kerajaan dulu, jaman kolonial, sampe jaman reformasi sekarang. Apalagi kota sebesar Bandung ini, waktu jaman-jamannya Indonesia baru merdeka, pasti tau kan kalo Bandung ini sebagai tempat terselenggaranya Konferensi Asia-Afrika. Konferensi Asia Afrika ini adalah sebagai wujud pemersatu antar bangsa, dari 25 Negara di Asia dan Afrika, mereka sepakat untuk menyuarakan penghapusan penjajahan bagi seluruh negara di dunia. Mereka juga sepakat untuk membentuk Gerakan Non-Blok yang menyatakan bahwa mereka tidak terikat dengan kekuatan manapun, baik poros barat maupun poros timur. Saking penting dan krusialnya Konferensi Asia-Afrika ini, sampe Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri India membuat statement seperti ini ” Bandung bisa dikatakan sebagai ibukota dari Asia-Afrika pada saat itu” kira-kira kayak gitu lah intinya, depan sama lanjutannya lupa.. Gilaaa bisa dibayangin kan bagaimana situasi di Bandung saat ituu. Sayangnya lagi gue gak punya banyak bukti tentang KAA ini, padahal gue juga abis dari museumnya, tapi museumnya aja gak gue foto huhu Zonk yah.. Yaudah kapan-kapan aja kalo ke Bandung lagi..

Kalo kalian berkeliling di sekitar Jalan Asia-Afrika, pasti langsung keliatan menara dari Masjid Raya Bandung yang terletak gak jauh dari situ.
Kalo kalian berkeliling di sekitar Jalan Asia-Afrika, pasti langsung keliatan menara dari Masjid Raya Bandung yang terletak gak jauh dari situ.
Jalan Braga yang terletak persis disebelahnya Jalan Asia Afrika. Di Jalan ini banyak gedung-gedung tua peninggalan Belanda gitu deh, bahkan ada jalan yg gak diaspal untuk mempertahankan keasliannya.
Jalan Braga yang terletak persis disebelahnya Jalan Asia Afrika. Di Jalan ini banyak gedung-gedung tua peninggalan Belanda gitu deh, bahkan ada jalan yg gak diaspal untuk mempertahankan keasliannya.
Masjid Raya Bandung, ini tuh bener-bener masjidnya orang Bandung. Karena didepan masjid ada alun-alun dan disana selalu dipadati peduduk Bandung buat maen, jualan, dll. Sayangnya agak kotor sih, trs pedagangnya ada yg masuk kedalem mesjid gitu hi.
Masjid Raya Bandung, ini tuh bener-bener masjidnya orang Bandung. Karena didepan masjid ada alun-alun dan disana selalu dipadati peduduk Bandung buat maen, jualan, dll. Sayangnya agak kotor sih, trs pedagangnya ada yg masuk kedalem mesjid gitu hi.
Bisa diliat, di jalan Braga itu banyak seniman-seniman yang suka memajang karya-karyanya di pinggir bangunan tua. Gak jarang juga orang berhenti sejenak buat mengamati karya-karya mereka
Bisa diliat, di jalan Braga itu banyak seniman-seniman yang suka memajang karya-karyanya di pinggir bangunan tua. Gak jarang juga orang berhenti sejenak buat mengamati karya-karya mereka
Jalan Braga itu bisa dibilang cukup sibuk lah ya, tiap sore banyak orang yang jalan kaki untuk lebih menyatu dengan Bandung
Jalan Braga itu bisa dibilang cukup sibuk lah ya, tiap sore banyak orang yang jalan kaki untuk lebih menyatu dengan Bandung
Ini dari pedestrian seberang jalan, mereka berjalan di depan reruntuhan Sarinah Departement Store, yang kalo dilihat dari lokasinya sih jaman dulu Sarinah ini pasti rame banget.
Ini dari pedestrian seberang jalan, mereka berjalan di depan reruntuhan Sarinah Departement Store, yang kalo dilihat dari lokasinya sih jaman dulu Sarinah ini pasti rame banget.

Perjalanan selanjutnya adalah ke suatu tempat yang dingin, dataran tinggi, banyak pepohonan dan hangat. Ya, tidak lain tidak bukan adalah Kawah Putih! Ini merupakan satu dari satu juta contoh keindahan alam di Indonesia. Untuk mencapai kawah putih kita harus naik odong-odong (angkot dalam bahasa lain :X) selama kurang lebih 10 menit. Kalian akan menemui pemandangan indah sekaligus mistis dalam perjalanan dengan odong odong ini.

Pemandangan mistisnya antara lain adalah seperti ini.
Pemandangan mistisnya antara lain adalah seperti ini.
Karena jarak pandang yang pendek maka jalan ini dilengkapi oleh banyak rambu-rambu jalan, seperti belok kiri, belok kanan, dll.
Karena jarak pandang yang pendek maka jalan ini dilengkapi oleh banyak rambu-rambu jalan, seperti belok kiri, belok kanan, dll.
Bisa diliatkan pohonnya gede-gede tinggi-tinggi. Trs jarak pandang kita paling cuma 10m karena ketutupan kabut tebel
Bisa diliatkan pohonnya gede-gede tinggi-tinggi. Trs jarak pandang kita paling cuma 10m karena ketutupan kabut tebel

AZZZZZZZZSetelah itu kita sampe ke terminal untuk turun dan naik lagi pas pulang. Gaperlu bayar lagi, udah jadi satu sama tiketnya kok. Dari terminal kita harus jalan sekitar 1km-an untuk melihat kawahnya dari dekat, di dekat terminal sini banyak ojek payung karena disini intensitas hujannya tinggi. Sayangnya gak ngambil banyak foto disini huhu. yasudah kira2 seperti ini.

Nah berakhirlah perjalanan saya ke Bandung kali ini! Semoga perjalanan selanjutnya bisa dapat lebih banyak foto!

Hutan pohon sejenis, dia tumbuh tegak lurus dengan permukaan tanahnya gitu
Hutan pohon sejenis, dia tumbuh tegak lurus dengan permukaan tanahnya gitu
Ini batang dari tumbuhan sejenis yang ada di sekitar sini, tapi yang ini sudah terendam air belerang
Ini batang dari tumbuhan sejenis yang ada di sekitar sini, tapi yang ini sudah terendam air belerang
Hills upside down
Hills upside down
Kawahnya terdapat banyak batu-batu dari ukuran gede sampe mini.
Kawahnya terdapat banyak batu-batu dari ukuran gede sampe mini.
Advertisements

One Comment Add yours

  1. aso says:

    Halo, saya ijin minta fotonya untuk poster acara non profit yah. Terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s