motive?

Hm.
Gue rasa memang bener apa yang dikatakan Hugo Cabret dalam film Hugo (2011). Begini quotes nya:

“I’d imagine the whole world was one big machine. Machines never come with any extra parts, you know. They always come with the exact amount they need. So I figured, if the entire world was one big machine, I couldn’t be an extra part. I had to be here for some reason. And that means you have to be here for some reason, too.”

YES! Gue rasa kata-kata ini ada benernya juga, yakan?
Kadang gue berpikir kalo hidup gue di dunia ini kayaknya yah gak merubah apa-apa, mau ada gue atau gak ada gue, dunia ini toh masih terus berputar? Masih ada 7.144 miliar orang kurang satu lagi di dunia ini.
Tapi kalo dipikir lagi, lebih dalam, lebih dalam, akhirnya gue inget satu ayat di Al-Qur’an:

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

 “Siapa saja yang melakukan kebaikan, meskipun hanya seberat atom, Allah akan melihatnya.”

Tanpa kita sadari, hal-hal kecil inilah yang telah mempengaruhi kehidupan,  paling tidak, kehidupan di sekitar kita aja deh. Semua perkataan, tindakan, sifat, kebiasaan, pikiran dll. Semua akan melekat dalam otak, yang kemudian akan menjadi pelajaran bagi kita. Sudah banyak-lah contohnya diluar sana, tapi kali ini gue mau ngasih contoh dari pengalaman gue sendiri. Check this!


Ada salah seorang temen gue, kenal sih sejak masa SMP. Namanya… ya sebut sajalah Santi. HAHAHAHA. Baik nama tidak penting, lanjut. Gue sekelas sama dia waktu kelas 7, dari awal pokoknya dia itu paling ‘eyecatching’  deh di kelas, ya dia punya rambut paling hits soalnya. Anaknya sih ceria gitu, tapi kadang sendu juga, sering teriak teriak gitu, tapi kadang diem juga. Yaa serba 1/2 deh pokoknya, namanya juga cewek, susah ditebak. Pokoknya yang gue inget dari dia adalah, dia berubah total seratus delapan puluh derajat. Di kelas 7, dia itu bukan siapa-siapa di bidang akademik, meskipun dia punya bakat yang besar di bidang seni tarik suara (?) seni macam apa ini? tapi ya dia bukan termasuk orang yang diperhitungkan di kelas, selain anggota geng dan penyandang gelar rambut paling hits. Tapi, keadaan ternyata berubah di kelas 8, dia berpisah dengan anggota gengnya, lalu sekelas dengan gue lagi. Perubahannnya nampak jelas, selain dia jadi makin sendu, dia juga diam-diam belajar keras di rumah, rajin, ikut les, setiap disekolah kerjaannya jadi suka baca novel, bawa pr dari tempat les, sering ke mesjid, ya gitu deh pokoknya dia punya suatu motif yang mangharuskannya untuk berubah, dan perubahannya gak sia-sia. Usahanya membuahkan hasil, paling tidak, dia berhasil mencantumkan namanya di 3 besar dalam kelas. WoW. Gue sih gak paham apa yang memotivasi dia untuk jadi kayak gitu, tapi dengan begitu gue jadi belajar untuk jangan suka menganggap remeh kemampuan orang lain. Karena pada saat itu, ketika dia mempunyai niat dan kemauan untuk menjadi lebih baik, semuanya akan menjadi nyata, dan bukan tidak mungkin jika Ia kini melampaui teman-teman yang dulu jauh diatasnya.


Ya, ini salah satu contoh, terbukti kan. Sekecil apapun hal yang kita lakukan pengaruhnya bisa berkali-kali lipat bagi orang lain. Saat gue besar nanti, gue gak akan melupakan sekecil apapun jasasemua orang yang ada dibelakang gue. NICE

Sekian.

Wasalam.

*ps: besok gue ulangan mtk dan tik nih, dan sekarang sedang skypean dengan uma, coqi, botak, dan cimol

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Heny Chemie says:

    EAAA

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s